Presiden Jokowi Lantik 9 Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Presiden Joko Widodo resmi mengangkat dan melantik Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha pada Kamis (19/1), di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 8/P Tahun 2024, yang menetapkan pemberhentian dan pengangkatan anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha pada 8 Januari 2024.

Para anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang dilantik meliputi:

  1. M. Fanshurullah Asa
  2. Aru Armando
  3. Rhido Jusmadi
  4. Goppera Panggabean
  5. Hilman Pujana
  6. Moh Noor Rofieq
  7. Mohammad Reza
  8. Eugenia Mardanugraha
  9. Budi Joyo Santoso

Dalam sumpah jabatan, Presiden menegaskan kesetiaannya pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta kewajibannya untuk menjalankan segala peraturan perundang-undangan demi pengabdian kepada bangsa dan negara. Presiden juga menekankan pentingnya menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan penuh tanggung jawab, dan berkomitmen pada prinsip-prinsip moral.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada nama-nama tersebut di atas.

Pelaksanaan pelantikan ini ditutup dengan ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo, yang diikuti oleh para tamu undangan. Setelah pelantikan, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, M. Fanshurullah Asa, menyatakan komitmennya untuk menjaga kepentingan nasional dan memastikan persaingan usaha berlangsung secara adil.

“Kita mohon kepada teman-teman pelaku usaha, silakan berusaha, berkompetisi dengan baik tapi jagalah persaingan itu dengan sehat dan jangan terjadi monopoli yang menyebabkan inefisiensi terhadap usaha yang ada di sektor masing-masing,” ujar M. Fanshurullah Asa dalam keterangannya kepada awak media usai pelantikan.

M. Fanshurullah Asa juga mengajak pelaku usaha untuk bersaing dengan sehat dan menghindari praktik monopoli yang dapat merugikan efisiensi sektor usaha masing-masing. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah pemimpin lembaga negara, hakim konstitusi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *