Presiden Joko Widodo Resmikan Terminal Pakupatan Tipe A di Kota Serang

SERANG (Pojokjateng.com) – Presiden Joko Widodo mengesahkan Terminal Pakupatan Tipe A di Kota Serang, Provinsi Banten, pada Senin, 8 Januari 2024. Ia mengungkapkan apresiasi terhadap kerja sama antara Kementerian Perhubungan dan pemerintah daerah setempat yang telah berhasil melaksanakan pembangunan terminal dengan sukses.

“Saya sangat menghargai Kementerian Perhubungan yang bekerjasama dengan Pemda, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kota sehingga Terminal Pakupatan ini terwujud bisa dibangun,” ujar Presiden.

Presiden juga berharap desain terminal yang terinspirasi oleh motif batik Banten, khususnya motif Pawaranggen, dapat memberikan citra positif kepada terminal. Ia menekankan pentingnya agar terminal tidak diidentifikasi sebagai tempat yang tidak aman dan terdapat gangguan oleh preman.

“Terminal itu tempat yang nyaman, pelayanannya baik, dan juga mendorong usaha-usaha kecil dan usaha-usaha menengah untuk juga bisa memperdagangkan produk-produknya di terminal yang kita miliki,” ungkap Presiden dalam sambutannya.

Presiden mengungkapkan bahwa saat ini kemacetan merajalela di hampir semua kota, terutama di Pulau Jawa, karena banyak orang yang memiliki kemampuan finansial lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.

“Yang dibeli mobil, yang dibeli sepeda motor, semuanya menggunakan kendaraan pribadi dan meninggalkan transportasi umum, meninggalkan transportasi massal,” kata Presiden.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah sedang mendorong penggunaan kembali transportasi massal dengan membangun berbagai jenis transportasi umum yang terintegrasi. Contohnya, di Jakarta, pemerintah telah membangun Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), dan kereta cepat yang terintegrasi dengan beberapa kota di sekitarnya.

“Di semua kota mestinya juga harus mulai berpikir ke arah sana, menggunakan transportasi massal, menggunakan transportasi umum,” ucap Presiden.

Dengan hadirnya Terminal Pakupatan yang dapat menampung hingga 400 bus setiap harinya, Presiden berharap minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal dapat meningkat.

“Kalau nantinya dengan terminal yang sangat indah dan sangat modern ini jumlah bus-nya tambah, jumlah penumpangnya tambah, menunjukkan bahwa pergerakan orang untuk menggunakan transportasi umum, transportasi massal itu makin banyak itu yang kita harapkan,” tutur Presiden.

Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, dan Pj. Wali Kota Serang Yedi Rahmat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *