Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI
Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI

Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/11/2023). Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan.

Setelah pembacaan Surat Keputusan (SK), Presiden Joko Widodo melakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Jenderal Agus Subiyanto. Dalam sumpah dan janji tersebut, Agus menyatakan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta kewajibannya untuk menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sepenuh hati. Dia juga berkomitmen untuk menjalankan tugas jabatan dengan etika tinggi, penuh tanggung jawab, dan menghormati sumpah prajurit.

Baca juga: KH Anwar Iskandar Resmi Pimpin Kemudi MUI Menggantikan KH Miftachul Akhyar

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian kata Agus saat mengucapkan sumpah dan janji, mengikuti yang diucapkan Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjutnya dia.

Pelantikan ini menandai penggantian Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa purna tugas. Acara pelantikan Agus Subiyanto dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, termasuk Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan pejabat lainnya.

Baca juga: Jenderal Agus Siap Lanjutkan Program Panglima TNI Sebelumnya

DPR RI telah mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dalam Rapat Paripurna DPR Ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024. Jenderal Agus Subiyanto sebelumnya baru saja dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat pada 25 Oktober 2023, menggantikan Jenderal Dudung Abdurrahman. Karier militernya yang cemerlang mencakup berbagai posisi penting, termasuk Dandim 0735/Surakarta pada periode 2009-2011, saat Presiden Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *