Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Raih Penghargaan Dukcapil Prima Award

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Raih Penghargaan Dukcapil Prima Award

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menerima Dukcapil Prima Award Kategori Kolaboratif dari Kementerian Dalam Negeri RI melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil). Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menyerahkan penghargaan ini kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dalam acara Rakornas Dukcapil yang berlangsung di Hotel Novotel Palembang pada tanggal 24 Oktober 2023.

Menurut Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, penghargaan ini adalah tanda penghargaan untuk usaha yang sangat baik yang telah dilakukan oleh Dukcapil Provinsi Jateng serta Dukcapil di berbagai kabupaten dan kota di provinsi ini. Setelah menerima penghargaan ini, Nana mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, stafnya, serta Dinas Dukcapil di tingkat kabupaten dan kota.

Baca Juga: Skor Tinggi MCP: Keberhasilan Pemerintah Jawa Tengah dalam Pencegahan Korupsi

Dispermadesdukcapil Jateng hingga saat ini terus berupaya menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan badan dan lembaga lain dalam pelaksanaan administrasi kependudukan. Kerja sama ini telah memberikan dampak positif pada kemajuan kependudukan dan pencatatan sipil.

Nana menjelaskan bahwa mereka telah bekerja keras, dengan penuh dedikasi dan kecerdasan, sehingga pantas menerima penghargaan Dukcapil Prima Award.

Menurut catatan Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, pemerintah pusat telah menargetkan setidaknya 15 perjanjian kerja sama antara pemerintah daerah dalam setahun. Namun, di Provinsi Jawa Tengah, mereka telah berhasil menjalin sebanyak 606 perjanjian kerja sama. Kerja sama ini bertujuan untuk memanfaatkan data kependudukan oleh berbagai instansi dan OPD pengguna.

Baca Juga: Sebanyak 1400 Peserta Ikuti Job Fair di SMK Harapan Mulya Kendal

Nana juga menekankan bahwa menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024, Dispermadesdukcapil akan melakukan perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula dengan pendekatan yang inklusif. Mereka juga akan melayani penerbitan KTP elektronik bagi pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada hari pemilihan. Selain itu, mereka berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk mendata siswa SMA dan SMK yang memenuhi syarat sebagai pemilih pemula. Mereka juga bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk mendata siswa Madrasah Aliyah (MA).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga memberikan pesan kepada seluruh Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia agar bersinergi. Dia menekankan bahwa data Dukcapil sangat penting karena hanya data Dukcapil yang akurat dapat menjadi dasar yang kuat untuk mendukung dokumen penting lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *