Wisata Kerang Pantai Ngebum
Wisata Kerang Pantai Ngebum

Wisata Sekaligus Kuliner, Lezatnya Tiram Bakar di Pantai Ngebum Kendal

KENDAL (Pojokjateng.com) – Pantai Ngebum (Ngebom) berada di pesisir pantai utara masuk di wilayah Kabupaten Kendal, lebih tepatnya di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat.

Pantai ini di beri nama mirip dengan pantai Ngebum atau Ngebom yang berada di Kota Pekalongan. Tidak begitu jelas kenapa namanya mirip. Hal yang sama juga berlaku untuk nama Curug (waterfall) Lawe yang ada di Kebun teh Medini Kendal dan Curug Lawe Kalisidi Kecamatan Gunungpati. Namun sebagian masyarakat ada yang memberi nama Pantai Ngebum dengan sebutan Pantai Mororejo. Karena Pantai ini merupakan wilayah sekaligus tempat mata pencaharian Desa Mororejo.

Pantai Ngebum menjadi destinasi wisata populer di Kabupaten Kendal dengan pesona alam yang indah dan aroma mistis yang cukup kental. Pantai memang menjadi tempat menarik untuk melepaskan kepenatan saat hari libur tiba, apalagi menghabiskannya bersama keluarga tercinta.

Anda juga bisa bermain paris pantai, bermandi-mandi untuk keseruan perjalanan anda di Pantai Ngebum Jawa Tengah.

Jangan lewatkan aktivitas hunting foto kece, banyak spot dan sudut kece yang cocok untuk anda jelajah.

Baca Juga: Silancur Highland Glamping, Destinsi Wisata dan Penginapan yang Dikelilingi Alam Pegunungan

Banyak juga wahana menarik seperti perahu wisata, camping ground, spot memancing di Pantai Ngebum yang rekomended untuk anda nikmati.

Tiram Bakar Di Pantai Ngebum

Berbicara soal kuliner seafood, tiram mungkin menjadi salah satu olahan masakan yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat.

Ya Tiram, satu di antara jenis biota laut kategori kerang ini nampaknya cukup terkenal di kalangan masyarakat pesisir seperti di wilayah Kendal.

Meski bentuk luarnya tak beraturan seperti batu karang, namun tiram mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Daging tiram sendiri bisa saja dimakan langsung mentah-mentah, tanpa tersentuh api atau panas.

Di salah satu objek wisata Pantai Ngebum Desa Mororejo Kaliwungu, Kendal, terdapat pedagang menu khas tiram, yang hanya berjualan di akhir pekan dan mungkin hanya satu-satunya di sana.

Baca: Resto Kali Batur Salatiga: Serunya Wisata Kuliner Sambil Main Air

Sang pedagang, Khafidin, penduduk asli Mororejo, selama dua tahun berjualan, hanya fokus dengan bisnisnya sebagai penjual jajanan tiram, yang ia olah dengan cara dibakar.

Berbekal alat capit, pisau dan tungku panggangan, pria 33 tahun ini cekatan mengolah tiramnya agar bisa dikonsumsi. Biasanya, Khafidin sudah mangkal di posnya tak jauh dari pintu masuk pantai setiap Minggu pagi pukul 05.30 – 17.00 WIB.

Harga Tiram Bakar

Soal harga, cukup bersahabat dan ramah di kantong. Satu porsi tiram bakar dibandrol Rp 25.000. Setiap porsinya berisi 16-18 item tiram yang disajikan dalam nampan kayu lengkap dengan saos dan kecap.

Kebanyakan orang memakannya dengan cara mencocol daging tiram dengan saos dan kecap yang dicampur minyak wijen dan lemon. Akan tetapi, untuk menikmati makanan yang satu ini, calon konsumen harus menunggu proses pembakaran tiram yang memerlukan waktu.

Alamat dan Rute Lokasi Pantai Ngebum

Wisata favorit pastinya sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan akses jalan yang baik. Ketika anda ingin liburan di Pantai Ngebum, anda bisa berkunjung menggunakan motor maupun mobil.

Alamat lengkap obyek wisata alam Pantai Ngebum sendiri berlokasi di Merbuh, Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Destinasi wisata Pantai di Kendal satu ini berjarak kurang lebih 14 km ketika anda berangkat dari pusat kota.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *