Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana Resmi Buka Gedung SMAN 9 Surakarta

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, secara resmi membuka gedung SMAN 9 Surakarta pada hari Senin (3/6/2024). Dengan demikian, Kecamatan Pasar Kliwon sekarang memiliki sebuah SMA negeri.

“Untuk SMAN 9  (Surakarta), lahannya hibah dari Pemkot Surakarta. Kami terima kasih kepada Pemkot Surakarta yang telah hibahkan lahannya untuk pendidikan di SMAN 9,” kata Nana, saat peresmian SMAN 9 Surakarta, di sekolah tersebut.

Nana menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Surakarta yang telah menyumbangkan lahan untuk SMAN 9. Dia menyatakan hal ini saat peresmian gedung SMAN 9 Surakarta.

Menurutnya, keberadaan sekolah menengah atas negeri sangat penting karena sistem pendaftaran sekolah sekarang menggunakan zonasi. Sebelumnya, tidak ada SMA negeri di Kecamatan Pasar Kliwon.

“Keberadaan SMAN 9 jadi kebahagiaan para orang tua. Karena di kecamatan ini (sekarang) ada sekolah negerinya,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa SMAN 9 Surakarta telah beroperasi satu tahun yang lalu, pada tahun ajaran 2023/2024, meskipun pembangunan gedungnya belum sepenuhnya selesai. Oleh karena itu, pada tahun ajaran 2024/2025, akan dialokasikan anggaran untuk penambahan pembangunan di SMAN 9.

“Kita lihat belum tuntas di lantai 1. Lantai 2 belum ada pembangunan. Rencana perluasan untuk kelas. Karena penambahan siswa untuk nanti ada dua kelas, akan nambah,” terangnya.

Pelaksanaannya, lanjut Pj gubernur, akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Surakarta mengingat kewenangan yang ada pada pemerintah kota dan provinsi.

“Kita harapkan ada penambahan SMA negeri karena sistem zonasi,” imbuhnya.

Terkait penambahan SMA negeri, Nana menyatakan bahwa jika tersedia lahan, pihaknya akan mencoba mengakomodasi penambahan SMA negeri lainnya. Hal ini sudah dilakukan di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Pj Gubernur berharap dengan penambahan SMA negeri yang lebih banyak, akan semakin banyak siswa yang dapat tertampung, hal ini tentu baik bagi masyarakat. Pihaknya juga akan terus meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Tengah, terutama kualitas guru melalui pelatihan atau program lainnya.

Kepala SMAN 9 Surakarta, Harmani, menyatakan bahwa meskipun gedung sekolah telah beroperasi satu tahun lalu, tepatnya pada tanggal 25 Mei 2023, namun baru resmi diresmikan pada tanggal tersebut. Saat itu terdapat lima kelas dengan jumlah siswa sebanyak 178 orang.

Lebih lanjut, Harmani menjelaskan bahwa terdapat 16 ruang kelas, aula, masjid, dan beberapa kamar mandi. Pihaknya terus berusaha mengembangkan sekolah.

“Kemarin dari enam hari yang disediakan untuk PPDB, hari ketiga sudah full (penuh) semua jalur. Daya tampungnya kurang, versi masyarakat,” ungkap Harmani.

Ini menandakan antusiasme masyarakat terhadap keberadaan SMA negeri di Kecamatan Pasar Kliwon.

“Ini sudah terpenuhi cita-cita masyarakat. Karena Pasar Kliwon sudah ada sekolahnya (SMA negeri),” tandasnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *