Nana Sudjana Melantik Rober Christanto Sebagai Bupati Karanganyar & Awaluddin Muuri Sebagai Pj Bupati Cilacap
Penjabat Gubernur Jateng Lantik Rober Christanto Sebagai Bupati Karanganyar & Awaluddin Muuri Sebagai Pj Bupati Cilacap

Penjabat Gubernur Jateng Lantik Rober Christanto Sebagai Bupati Karanganyar & Awaluddin Muuri Sebagai Pj Bupati Cilacap

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, melantik Rober Christanto sebagai Bupati Karanganyar dan Awaluddin Muuri sebagai Penjabat Bupati Cilacap pada Senin (20/11/2023). Kesetaraan ASN menjelang Pemilu 2024 serta upaya mengatasi kemiskinan dan stunting menjadi prioritas yang harus dihadapi.

Nana menyatakan, fokus utamanya adalah memastikan netralitas seluruh ASN tanpa terlibat dalam politik praktis. Sanksi akan diberlakukan bagi mereka yang melanggar aturan tersebut. Dia juga menyoroti tantangan ke depan terkait tingginya tingkat inflasi dan masalah kemiskinan ekstrem di masyarakat.

Menurut Nana, terdapat sejumlah masalah yang perlu diselesaikan, baik di Karanganyar maupun Cilacap. Di Karanganyar, tingkat kemiskinan mencapai 9,75 persen atau 88,64 ribu orang. Prevalensi stunting pada tahun 2022 mencapai 22,3 persen, dan inflasi pada Oktober 2022 sebesar 3,2 persen.

Baca juga: Kota Semarang Harus Punya Bank Data, Mbak Ita: Bisa Jadi Faktor Peroleh Penghargaan

Sementara di Cilacap, tingkat kemiskinan mencapai 11 persen pada tahun 2022, dengan kemiskinan ekstrem terjadi di 37 desa. Tingkat stunting mencapai 17,6 persen pada Oktober 2023, sementara tingkat inflasi relatif terkendali, yaitu sebesar 2,89 persen.

“Untuk Jateng angka kemiskinan ekstrem di 2022 mencapai 1,97 persen. Alhamdulillah, pada 2023 berada di  1,1 persen.  Nah ini ada penurunan 0,8 persen. Kita ditarget pada 2024 harus nol persen. Ini tantangan bagi kita khususnya OPD terkait,” ungkap Nana.

Ia menekankan pentingnya kerjasama semua pihak, termasuk Forkopimda, untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga dia sampaikan kepada Pemkab Karanganyar dan Cilacap.

Baca juga: Jelang Laga 16 Besar Piala Dunia U-17, Kapolda Jateng Tegaskan Seluruh personil harus berkerja secara Profesional

“Pengendalian inflasi jaga stok bahan pangan strategis, operasi pasar, bupati, Dandim, Kapolres, untuk lakukan pengecekan harga di pasar, kemudian ciptakan inovasi, kemudahan investor ciptakan iklim investasi kondusif,” imbuh Nana.

Selain pelantikan tersebut, Farida Rober Christanto juga dilantik sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Karanganyar oleh Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana.

Shinta memberikan pesan kepada Farida agar terus memobilisasi TP PKK dalam mendukung pemerintah menyelesaikan berbagai masalah, khususnya penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, pencegahan penyebaran narkoba, dan mewujudkan Pemilu yang damai.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *