Pemkab Purbalingga Berencana Tingkatkan Frekuensi Pertunjukan Seni Budaya Lokal

PURBALINGGA (Pojokjateng.com) – Pemerintah Kabupaten Purbalingga berencana meningkatkan frekuensi pertunjukan seni budaya lokal, khususnya Seni Ebeg, untuk mendukung kelestarian seni tradisional tersebut serta memajukan perekonomian masyarakat.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengungkapkan hal tersebut dalam acara Pentas Seni Ebeg Spektakuler di Lapangan Desa Karangcegak, pada hari Minggu (19/5/2024). Menurutnya, Seni Ebeg merupakan salah satu bentuk ekspresi seni yang dapat memberikan hiburan kepada masyarakat serta memupuk rasa cinta terhadap budaya lokal Purbalingga.

“Insya allah, Bu Tiwi dengan Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga ke depan akan memperbanyak kegiatan pentas seni budaya di Kabupaten Purbalingga karena ini juga menjadi wadah, sebagai ajang agar seni budaya lebih diperhatikan,” ujarnya.

Beliau menyatakan bahwa bersama dengan Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, mereka berkomitmen untuk meningkatkan jumlah kegiatan seni budaya di daerah tersebut sebagai upaya untuk lebih memperhatikan dan mengapresiasi seni budaya.

Selain itu, pertunjukan seni budaya Ebeg juga memberikan peluang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk mereka di lokasi acara.

“Apalagi dengan masyarakat yang tumplek blek jadi satu seperti ini, tentunya menjadi wadah bagi pedagang, pelaku UMKM berjualan,” bebernya.

Tiwi juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan kekompakan, terutama mengingat Purbalingga akan segera menggelar Pilkada Serentak 2024 bersama dengan kabupaten/kota lain di Indonesia. Ia berharap agar kontestasi politik berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

“Jaga terus kekompakan, kebersamaan, dan kerukunan, agar nantinya kontestasi politik di Kabupaten Purbalingga berjalan dengan aman, damai dan juga kondusif,” ungkapnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *