Pastikan Kenyamanan Wisatawan Liburan Lebaran 2024, Pemprov Tingkatkan Pantauan di Objek Wisata

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para wisatawan saat liburan Lebaran 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan meningkatkan pengawasan di berbagai objek wisata di wilayahnya.

“(Penempatan) petugas juga dilakukan di titik-titik tertentu, termasuk di lokasi wisata,” kata Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana, di sela mendampingi Menko PMK, Menteri Perhubungan, Panglima TNI, dan Kapolri, mengecek Posko Lebaran 2024 di Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (3/4/2024).

Nana menyatakan bahwa Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata, seperti Borobudur, Prambanan, serta beberapa destinasi alam seperti Tawangmangu, Dieng, dan Baturaden.

“Kita sudah lakukan langkah antisipasi, untuk kesiapan tempat wisata,” ujar dia.

Langkah-langkah tersebut mencakup perbaikan akses jalan menuju tempat wisata, rehabilitasi lokasi wisata yang rusak, dan penambahan gerai-gerai UMKM di setiap lokasi wisata.

“Sehingga tidak ada kesulitan bagi para pengunjung untuk mencari jajanan dan makanan. Wisata sudah kita perlebar dengan penambahan beberapa destinasi dan gerai UMKM,” beber Pj gubernur.

Menurut Nana, persiapan secara umum Jawa Tengah dalam menyambut arus mudik dan libur Lebaran 2024 sudah matang.

“Jawa Tengah sudah siap untuk menyambut masyarakat yang akan mudik. Pos pengamanan sudah disiapkan, termasuk posko terpadu, titik rawan kemacetan dan rawan kunjungan wisata,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran, personel dan patroli akan ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan dan objek wisata.

Selain itu, 10 CCTV dipasang di lokasi-lokasi rawan macet, kecelakaan, dan objek wisata seperti Bawen, Bandungan, Dieng, Bayeman (Purbalingga), Lingkar Ketanggungan dan Linggapura (Brebes), exit tol fungsional Solo-Jogja, Wangon dan Buntu (Banyumas), serta Gombong (Kebumen).

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, menambahkan bahwa ada 146 Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Terpadu di Jawa Tengah.

“Ada 47 pos wisata itu akan menjadi prioritas kita. Baik itu wisata air, wisata gunung, maupun wisata, yang sifatnya menjadi kunjungan seperti mal dan lainnya,” katanya.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, menyatakan bahwa persiapan untuk tempat wisata di Jawa Tengah selama libur Lebaran 2024 sudah baik. Namun, ia mengingatkan para wisatawan untuk menggunakan armada yang sudah melalui ramp check agar keamanan mereka terjamin.

“Apabila menggunakan bus yang belum ramp check, maka nanti akan diminta putar balik, karena sangat berisiko,” katanya.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *