Menelusuri Keindahan “Rupa Muka Pecinan Semarang” Bersama Yehezkiel Cyndo & Kolektif Hysteria

SEMARANG (Pojokjateng.com) – “Rupa Muka Pecinan Semarang” merupakan judul Buah Tangan #29 yang digagas oleh Kolektif Hysteria bekerja sama dengan Yehezkiel Cyndo. Dalam acara ini, Cyndo akan mengulas keindahan Pecinan Semarang melalui karya cetak kartu pos. Pembukaan kegiatan “Rupa Muka Pecinan Semarang” dilaksanakan di Gerobak Art Kos Hysteria, Gajahmungkur, Semarang pada Sabtu, (18/11).

Poster Rupa Muka Kota Semarang
Poster Rupa Muka Kota Semarang
Sebagai keturunan, Cyndo merasa erat terhubung dengan kompleks Pecinan, terutama dalam aspek bangunan, budaya, dan elemen unik yang kental dengan warisan Tionghoa.

 

“Pecinan memiliki keunikan tersendiri, ketika saya pertama kali mengunjunginya, saya merasa seperti pulang,” ujar Yehezkiel Cyndo.

Menurutnya, Pecinan Semarang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, sebanding dengan beberapa negara di ASEAN lainnya. Dia menambahkan bahwa seniman seharusnya merespons keindahan tempat ini, terutama karena Pecinan Semarang memiliki kompleksitas yang tidak dimiliki oleh Pecinan di Jogja.

Baca juga: Yehezkiel Cyndo Ceritakan Proses Pembuatan Karya Heritage Pecinan Semarang dalam Pembukaan Pameran ‘Rupa Muka Pecinan Semarang’ 

“Pecinan Semarang itu berpotensi menjadi harta karun. Soalnya di Asean, kompleks Pecinan bisa menjadi magnet besar untuk pariwisata. Ada banyak sisi cantiknya. Bentuk-bentuk yang menarik, sisi elemennya unik-unik, kultur perilaku orangnya juga,” ucapnya dia.

“Pelaku seni seharusnya bisa merespon tempat ini. Di Jogja nggak ada komplek Pecinan yang sebesar di Kota Semarang,” lanjut Cyndo.

Perwakilan Hysteria, Purna Cipta Nguraha dalam sambutannya mengungkapkan bahwa menghadirkan Yehezkiel Cyndo dikarenakan mampu mempresentasikan kota dan lingkungan tertentu, hal tersebut sesuai dengan visi yang diusung oleh Kolektif Hysteria.

Baca juga: Waspada, Keseringan Ngopi Dapat Memicu Penyakit

“Cyndo dapat mempresentasikan kota dan lingkungan tersentu, hal tersebut tentu sejalan dengan Hysteria” ujar Purna Cipta Nguraha

Dalam pameran di Gerobak Art Kos, Cyndo akan memamerkan 65 cetakan kartu pos yang menggambarkan atmosfer Pecinan Semarang. Pameran ini juga merupakan bagian dari Event Post Card Change dari Heritage and Sketch, sebuah kelompok yang mayoritas anggotanya berbasis di Jakarta.

Yehezkiel Cyndo
Yehezkiel Cyndo

Yehezkiel Cyndo, seniman asli Yogyakarta yang kini menetap di Semarang sejak 2021, telah aktif dalam dunia seni sejak tahun 2011. Selain menjadi Koordinator Komunitas Indonesia’s Sketchers Jogja selama 5 tahun, ia juga terlibat dalam berbagai proyek seperti kerajinan frame, lukisan dinding, ilustrasi buku anak, dan action figure.

Kolektif Hysteria dan Yehezkiel Cyndo menyelenggarakan dua agenda, pembukaan pameran pada 18 November 2023 dengan Live Acoustic bersama Wadah Musik Sastra (WMS), FIB, Undip, serta penutupan pameran dan Artist Talk pada 30 November 2023 di Grobak Art Kos, Semarang. Buah Tangan #29 ini merupakan bagian dari rangkaian menuju 20 tahun Kolektif Hysteria dan termasuk dalam agenda Event Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *