Mendagri Berikan Predikat Kota Semarang sebagai Kota Terinovatif pada Gelaran IGA 2023

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Kota Semarang kembali menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 sebagai Kota Terinovatif di Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada malam penganugerahan IGA 2023, Selasa (12/12) di Jakarta.

Sebelumnya, di tahun 2022, Kota Semarang juga meraih penghargaan yang sama.

“Saya melihat bahwa inovasi itu penting dalam kehidupan kita yang selalu berkembang karena memang selalu dinamis maka mau tidak mau kita harus berinovasi dalam pemerintah, harapannya inovasi itu bukan hanya untuk award atau mendapatkan pujian tapi untuk membuat sistem yang baik,” ungkap Tito.

Innovative Government Award (IGA) merupakan salah satu kegiatan unggulan Kementerian Dalam Negeri yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas pelaksanaan inovasi dalam rangka penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang inovatif dan kompetitif. Ada empat tahapan dalam sistem penilaian IGA yakni Penjaringan, Pengukuran, Presentasi KDH (Kepala Daerah), dan Validasi Lapangan.

“Untuk membuat pemerintahan yang lebih baik adalah dengan menciptakan iklim yang kompetitif yaitu berlomba untuk membuat inovasi apalagi di tengah sistem ekonomi daerah ini ada ruang yang lebih besar untuk bermanuver untuk berkreasi. Nah, untuk itulah kami membuat acara seperti ini,” imbuhnya.

Kota Semarang melaporkan sejumlah 63 inovasi baik yang bersifat digital maupun non digital dalam gelaran IGA 2023. Adapun yang menjadi inovasi unggulan yaitu Sayangi Dampingi Ibu dan Anak Kota Semarang (Sanpiisan) serta program Pasar Pangan Rakyat Murah dan Aman (Pak Rahman).

Sementara itu, Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu berterima kasih atas raihan penghargaan ini. Dirinya juga mengapresiasi seluruh jajaran Pemerintah Kota Semarang yang terlibat. Mbak Ita, sapaan akrabnya juga bersyukur karena nilai indeks inovasi daerah yang didapat sudah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Semarang untuk tahun 2023.

“Tentunya bagi kami penghargaan, suatu reward, itu merupakan satu semangat. Tapi yang utama bagaimana kami bisa melayani masyarakat dan menjadikan masyarakat sejahtera dan Semarang semakin hebat,” pungkas Mbak Ita.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *