Komitmen Pemerintah Jawa Tengah Sukseskan FIFA World Cup U-17 di Surakarta
Komitmen Pemerintah Jawa Tengah Sukseskan FIFA World Cup U-17 di Surakarta

Komitmen Pemerintah Jawa Tengah Sukseskan FIFA World Cup U-17 di Surakarta

SURAKARTA (Pojokjateng.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan FIFA World Cup U-17, penyelenggaraan turnamen ini akan diselenggarakan di Stadion Mahanan Surakarta.

Komitmen ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, pada saat hadir dalam Pawai Thropy Experience yang berlangsung di Kota Surakarta pada Minggu, (5/11). Pawai Thropy Experience ini menjadi tanda dari kesiapan penuh Kota Surakarta sebagai tuan rumah untuk FIFA World Cup U-17 yang akan digelar mulai tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Pawai ini dipenuhi dengan kehadiran prajurit Pura Mangkunegaraan, para penari dari Mangkunegaraan, kelompok drum band yang memukau, dan dihadiri oleh bintang-bintang dari klub Persis Solo. Dalam rangkaian pawai tersebut, terdapat dua bola raksasa yang menjadi simbol bahwa event olahraga yang akan digelar adalah sebuah turnamen sepak bola.

Baca juga: Indonesia Peringkat Keenam dalam Klasemen Akhir Asian Para Games 2022

Pawai meriah ini dilintasi oleh ribuan masyarakat yang memadati jalur perjalanan dari Jalan Diponegoro (Pasar Antik Triwindu) hingga mencapai Pura Mangkunegaraan (Gapura Ngarsopuro). Pada saat tiba di Pura Mangkunegaran, masyarakat dapat melihat piala yang akan diberikan kepada pemenang turnamen ini nanti. Piala tersebut dipamerkan dekat Gedung Kavallerie-Artillerie.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengungkapkan apresiasi dan rasa terimanya atas pemilihan Surakarta sebagai salah satu tempat penyelenggaraan FIFA World Cup U-17. Ia menyatakan bahwa Surakarta akan menjadi sebuah kota yang sangat spesial, karena akan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan final dan acara penutupan turnamen.

“Saya selaku Pj Gubernur Jateng mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua Umum PSSI, khususnya kepada Bapak Presiden, bahwa Surakarta merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk pertandingan FIFA Word Cup usia 17,” tuturnya.

Nana menyatakan bahwa pemerintah dan masyarakat Jawa Tengah sepenuhnya mendukung pelaksanaan kompetisi sepak bola kelas dunia ini, yang merupakan pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. Oleh karena itu, aspek keamanan menjadi salah satu fokus utama yang sangat diperhatikan.

Baca juga: Persik Kendal Kalahkan Bina Sentra Semarang 4-0

“Dan di sinilah kita pun akan melakukan langkah-langkah bersama aparat keamanan, untuk mengamankan pelaksanaan event usia 17 ini,” beber Nana.

Ditambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bersama dengan seluruh pihak terkait, memiliki tekad yang kuat untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan FIFA World Cup U-17 di Surakarta. Keberhasilan penyelenggaraan event internasional ini pada penghujung tahun ini diharapkan akan memberikan dampak positif pada penyelenggaraan event-event olahraga dunia berikutnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSIS, Erick Thohir, juga mengungkapkan bahwa ketika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan FIFA World Cup U-17, pihaknya telah mendorong Surakarta sebagai salah satu tempat penyelenggaraan di Indonesia. Selain sebagai tempat final, Surakarta juga menjadi tuan rumah penyisihan grup B, yang terdiri dari Spanyol, Kanada, Uzbekistan, dan Mali.

“Sudah terbukti, banyak event internasional di Solo berjalan dengan sukses. Inyaallah, nanti kita dorong lagi hal-hal yang lebih positif lagi di Solo ke depannya,” kata Erick.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *