Kantor Permanen FIFA Resmi Dibuka di Jakarta: Momen Bersejarah untuk Sepak Bola Indonesia
penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PSSI dan FIFA terkait dukungan pemgembangan dan pembangunan sepakbola Indonesia

Kantor Permanen FIFA Resmi Dibuka di Jakarta: Momen Bersejarah untuk Sepak Bola Indonesia

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Dengan resmi dibukanya kantor permanen FIFA di Jakarta pada Jumat, 10 November 2023, tercipta momen bersejarah yang menandakan komitmen serius Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk memperkuat peran Indonesia dalam kancah sepak bola global. Pelaksanaan peresmian tersebut menjadi sebuah acara prestisius yang melibatkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Menara Mandiri, Jakarta. Acara ini juga dihadiri oleh tokoh penting, termasuk Presiden RI Joko Widodo dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Keberadaan kantor FIFA di Jakarta bukan hanya sebagai langkah formalitas, tetapi juga sebagai simbol konkret dari kerjasama erat antara FIFA dan Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Erick Thohir dan Gianni Infantino pada saat peresmian menjadi bukti nyata dari komitmen bersama untuk mendorong perkembangan sepak bola di tanah air. Dalam pidato pembukaannya, Gianni Infantino menekankan keyakinannya terhadap peran strategis Indonesia dalam mengembangkan sepak bola secara global. Ia menyatakan ambisi FIFA untuk menjadikan sepak bola sebagai fenomena global yang mampu menyatukan berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia. Pujian khusus diberikan kepada Indonesia, dengan Infantino menyoroti prestasi dalam dunia sepak bola dan menegaskan bahwa kantor FIFA di Jakarta tidak hanya menjadi pusat aktivitas administratif, melainkan juga sebagai simbol semangat dan kecintaan para penggemar sepak bola di wilayah Asia Tenggara.

Baca juga: Komitmen Pemerintah Jawa Tengah Sukseskan FIFA World Cup U-17 di Surakarta

“Kita sudah setahun yang lalu berbicara mengenai transformasi sepak bola Indonesia dan kita serius, kita berkomitmen, untuk memulai. Dan ini didukung penuh oleh Presiden Gianni dengan kantor FIFA yang ada di Jakarta, ini adalah kantor (FIFA) Asia hub,” kata Jokowi usai peresmian kantor FIFA di Jakarta, Jumat (10/11).

Menurut Presiden Joko Widodo, kantor FIFA yang diresmikan hari itu adalah kantor cabang (hub) di Asia. Terletak di Menara Mandiri II, kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta, keberadaan kantor ini merupakan bukti konkret dari komitmen FIFA dalam mendukung transformasi sepak bola Indonesia. Jokowi menyambut baik kehadiran FIFA sebagai pelengkap dalam proses transformasi sepak bola di Indonesia, dan ia menyatakan bahwa FIFA mengambil keputusan untuk memiliki kantor cabang di Jakarta sebagai wujud dukungan terhadap upaya Indonesia dalam mengembangkan dan memajukan persepakbolaan di tingkat global.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan harapannya terkait peran FIFA di Indonesia. Ia berharap agar dukungan FIFA tidak hanya terbatas pada aspek manajemen pertandingan, tetapi juga melibatkan tata kelola keamanan, perwasitan, dan manajemen keamanan pertandingan. Dalam pandangannya, kehadiran FIFA di Jakarta akan membuka babak baru bagi dunia sepak bola dalam negeri, memberikan dukungan, panduan, dan bantuan konkret dalam berbagai aspek pembangunan sepak bola Indonesia.

Baca juga: Polda Jateng Jamin Keamanan Selama Gelaran Piala Dunia U-17 di Surakarta

“Kita harapkan dukungan FIFA baik di manajemen pertandingan, di tata kelola keamanan, tata kelola perwasitan, manajemen keamanan di pertandingan. Semuanya akan diberikan support, diberikan panduan,” tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyoroti bahwa Indonesia telah melakukan perbaikan dalam bidang perwasitan sebagai bagian dari transformasi sepak bola. Revitalisasi infrastruktur 30 stadion di Indonesia juga telah dimulai, dan hal ini akan diiringi dengan upaya tata kelola dan manajemen yang lebih baik, didukung oleh FIFA. Presiden menyampaikan komitmennya dalam mendukung dan memfasilitasi FIFA untuk meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola di Indonesia. Selain itu, Indonesia siap bekerja sama dalam pengembangan infrastruktur olahraga yang memadai, melatih, mendidik, dan mengembangkan bakat-bakal muda sepak bola Indonesia, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dengan komunitas sepak bola dunia.

“Melatih dan mendidik dan mengembangkan bakat-bakal muda sepak bola Indonesia serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dengan komunitas sepak bola dunia,” ungkapnya.

Acara ini juga mencakup penghargaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi kepada Gianni Infantino sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya yang luar biasa dalam pengembangan sepak bola secara global. Keberadaan Infantino dalam pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-17 2023 juga menjadi indikator jelas akan keterlibatan dan dukungan FIFA terhadap perhelatan tersebut. Harapannya, dengan adanya kantor FIFA di Jakarta, akan tercipta pemantauan yang lebih intensif terhadap perkembangan Piala Dunia U-17 2023, serta bantuan konkret dalam mengarahkan transformasi sepak bola Indonesia menuju puncak kejayaan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *