Aksi nyata kolaboratif dan inspiratif untuk bumi lebih hijau
Aksi nyata kolaboratif dan inspiratif untuk bumi lebih hijau

Blibli Tiket ACTION & Ecoxyztem Berkolaborasi Dukung Ecopreneurs melalui Langkah Membumi Festival

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Isu lingkungan terus menjadi ancaman serius bagi Indonesia dan sangat kompleks untuk dapat diatasi dengan satu solusi saja. Salah satu penyebabnya adalah masalah sampah. Kontribusi terhadap krisis iklim, banjir, krisis air bersih, dan polusi dalam berbagai bentuk merupakan dampak dari darurat pengelolaan sampah di seluruh Indonesia. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat bahwa sepanjang 2022, sekitar 7,2 juta ton sampah belum dikelola dengan baik di seluruh negeri. Selain itu, dari Juni hingga Oktober tahun ini, telah terjadi 14 kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di berbagai lokasi, yang tentu saja menghambat upaya pengelolaan sampah di daerah masing-masing.

Dampak dari darurat pengelolaan sampah ini dirasakan oleh banyak pihak, dan meskipun Indonesia diprediksi menghadapi risiko kerugian hingga 3,45% dari PDB pada tahun 2030 akibat krisis iklim, masyarakatlah yang paling merasakan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Situasi ini telah memicu perubahan dalam gaya hidup menuju kesadaran lingkungan, yang dimulai dari pemilahan sampah hingga munculnya usaha-usaha masyarakat yang fokus pada isu lingkungan, seperti social enterprise.

Gerakan social enterprise ini, yang digerakkan oleh para ecopreneur, hadir dalam bentuk industri rintisan atau startup yang memberdayakan masyarakat sekitar. Mereka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar dapat terus berkembang secara berkelanjutan, memperluas kapasitas usaha, dan meningkatkan cakupan solusi terhadap masalah lingkungan.

Baca juga: Blibli Gandeng Teknologi AI untuk Tingkatkan Kinerja & Efisiensi Operasional Logistik di Seluruh Indonesia

Sementara itu, pelaku usaha dari berbagai sektor juga berupaya mencapai keseimbangan antara keberlanjutan dan upaya untuk membuat perbedaan. Semakin banyak perusahaan besar yang terlibat dalam penanganan perubahan iklim melalui inisiatif di dalam operasional bisnis mereka serta meluncurkan produk dan layanan yang ramah lingkungan.

Blibli Tiket, sebagai enabler atau pemampu, bergerak secara aktif untuk menyatukan berbagai korporasi, ecopreneur, dan komunitas peduli lingkungan agar dapat berkolaborasi dalam tata kelola yang baik. Blibli Tiket ACTION, melalui Langkah Membumi Festival, berkolaborasi dengan Ecoxyztem untuk memberikan dukungan kepada ecopreneurs dan startup yang fokus pada isu lingkungan dan perubahan iklim, seperti disampaikan melalui rilis tertulis kepada Pojokjateng.com pada Sabtu (18/11).

Dalam festival ini, Blibli Tiket mengajak individu dan komunitas untuk bersama-sama menginspirasi perubahan perilaku yang lebih berkelanjutan demi bumi yang lebih hijau. Melalui berbagai kegiatan seperti edukasi, diskusi, dan eksibisi produk ramah lingkungan, Blibli Tiket berharap dapat menjadi wadah bagi para ecopreneur dan stakeholder lainnya untuk saling berkolaborasi dan bersinergi guna mewujudkan solusi berkelanjutan terhadap masalah lingkungan.

Pengembalian 10 kardus oleh pelanggan Blibli sama dengan menyumbang 1 bibit pohon
Pengembalian 10 kardus oleh pelanggan Blibli sama dengan menyumbang 1 bibit pohon

Blibli Tiket menyatakan bahwa percaya bahwa dunia usaha memiliki peran penting dalam mengimplementasikan praktik peduli lingkungan yang berkelanjutan. Melalui Blibli Tiket ACTION, kesadaran ini diutamakan dalam berbagai aspek, termasuk operasional bisnis yang hijau (green operations), penggunaan “gudang hijau” (green warehouses) dalam pengelolaan logistik, dan keterlibatan dalam distribusi kendaraan listrik.

Ecoxyztem juga meyakini bahwa percepatan solusi dan inovasi bersama sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah lingkungan dan perubahan iklim. Kolaborasi dalam Langkah Membumi Festival 2023 diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi pertumbuhan bisnis, exposure, dan edukasi kepada masyarakat tentang gaya hidup yang peduli lingkungan, serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ecopreneurs di Indonesia.

Baca juga: Terus Bergerak, PLN UIP JBT Tuntaskan Lagi Dua Proyek Baru

Langkah Membumi Festival merupakan bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi yang dimulai sejak tahun 2020. Melalui festival ini, Blibli Tiket berusaha mengajak lebih banyak pihak untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga keberlanjutan bumi. Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah inspiratif bagi ecopreneurs dan semua stakeholders untuk bekerja sama mewujudkan perubahan positif demi bumi yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut, cek informasi terbaru secara berkala di Blibli Cinta Bumi Eco Hub atau melalui Instagram @bliblidotcom.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *