Berkat Program Pemprov Jateng, Desa Sambi Dhuwur Sragen Nikmati Air Bersih

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Program penyediaan air bersih yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tampaknya telah memberikan hasil yang positif. Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, melakukan peninjauan terhadap hasil pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Sambi Dhuwur, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, pada Kamis (4/1/2024).

Nana menyatakan bahwa melalui SPAM tersebut, sekitar 60 kepala keluarga (KK) di desa tersebut kini dapat menikmati air bersih. Sebelum adanya SPAM, warga sekitar harus mengambil air bersih dari sendang yang berjarak sekitar dua kilometer.

Pembangunan SPAM di Desa Sambi Dhuwur didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp412 juta. Proyek ini dianggap sebagai salah satu upaya untuk mempercepat pengentasan kemiskinan, terutama kemiskinan ekstrem, melalui penyediaan air bersih.

“SPAM ini kita carikan tempat-tempat yang memang ada sumber airnya. Saat ini bisa digunakan oleh 60 KK, dan rencananya ke depan akan ditambah lagi jadi sampai 200 KK,” jelas Nana.

Selama tahun 2023, Pemprov Jawa Tengah telah membangun sebanyak 34 SPAM. Pada tahun 2024, rencananya akan dibangun sebanyak 40 SPAM di berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Dalam tinjauannya, Nana juga memastikan bahwa air SPAM sudah melalui uji laboratorium dan layak untuk dikonsumsi. Dia juga melakukan pengecekan langsung ke rumah-rumah warga, untuk memastikan bahwa air yang mengalir benar-benar bersih.

“Tadi sudah kami lakukan pengetesan. Kualitas airnya sangat baik. Artinya, di samping untuk mandi, air itu bisa juga untuk dimasak. Layak untuk dimasak dan diminum. Ke depan, akan terus kita tingkatkan,” ucapnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *