Start Depan Balai Kota, 100 Pesepeda Pixie Bakal Meriahkan Semarang Dark Race 2024

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Sebanyak 100 pesepeda Pixie bakal memeriahkan ajang balapan sepeda criterium race bertajuk Semarang Dark Race 2024 pada Sabtu (8/6).

Ketua Pelaksana Semarang Dark Race 2024, Vanny Bachtiar mengatakan, event ini merupakan ajang balap sepeda jalan raya (road race) yang diselenggarakan oleh Semarang Fixed Gear.

Fixed Gear adalah komunitas yang mewadahi pecinta sepeda dengan konten-konten seputar dunia sepeda Pixie di Kota Semarang.

“Ini merupakan kegiatan balap sepeda di jalan raya yang memiliki lintasan berputar (loop). Total peserta ada 100 orang, mereka berasal dari penghobi hingga pecinta sepeda Pixie dari 20 kota di Indonesia,” jelas Vanny sapaan akrabnya, Kamis (6/6).

Vanny menyebut, rute balap sepeda kali ini akan dimulai dari Halaman Depan Balai Kota Semarang untuk startnya.

“Rutenya dari Jalan Pemuda depan Balai Kota, memutar ke jalan Imam Bonjol, dan melewati jalan Piere Tendean,” jelas dia.

Nantinya, kata Vanny, akan ada 3 kualifikasi dalam balap sepeda ini. Masing-masing putaran akan dipertandingkan 35 peserta per kualifikasi, untuk diambil 10 pemenang yang akan maju dalam final race.

Untuk finalnya, lanjut dia, perlombaan diambil juara 1, 2, 3, 4 dan 5. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang pembinaan serta piala Wali Kota Semarang.

“Ini hadiah langsung dari bu Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu,” sebutnya.

Terkait penutupan jalan, Vanny menyebut akan dilakukan malam hari sekitar pukul 22.30 WIB. Hal ini karena race atau balap sepeda akan mulai pukul 23.00 WIB.

“Konsep kita memang malam, itulah kenapa namanya Dark Race. Kita harus menutup jalan sebelum race pada pukul 23.00 WIB,” imbuhnya.

Meski demikian, akan tetap ada berbagai kegiatan di Halaman Balai Kota Semarang berupa mini games serta Strolling Around Semarang City dengan berkeliling Kota Semarang pada Sabtu sore pukul 16.00 WIB.

Peserta akan berkeliling Kota Semarang dengan rute Balai Kota – Pemuda – Pandanaran – Pahlawan – Ahmad Yani – Mataram – Kota Lama – Poncol dan finish di Balai Kota Semarang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  (Dispora) Kota Semarang, Fravarta Sadman mengatakan, dalam event Semarang Dark Race 2024, Pemerintah Kota Semarang memfasilitasi kegiatan dari komunitas Fixed Gear.

“Kami memfasilitasi mereka dalam kegiatan Dark Race yang diikuti komunitas sepeda fixie. Ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya mereka selenggarakan untuk mewadahi para pebalap sepeda malam,” jelas Fravarta.

Fravarta menyebut, komunitas Fixed Gear telah mengajukan izin dan meminta dukungan pemerintah. “Intinya, mereka berkegiatan sudah izin ke pemerintah kota dan dari kami OPD mendukung kegiatan tersebut,” paparnya.

Menurutnya, dukungan Pemkot Semarang tersebut berupa fasilitasi penutupan jalan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Kemudian, DPU yang memfasilitasi untuk memperbaiki jalan lintasan atau rute pesepeda tetap nyaman.

“Dari Dishub dan Lantas siap melakukan penutupan jalan, Satpol siap untuk pengamanan. Termasuk dari Tim Kesehatan, juga DLH dan sebagainya. Ini kan kegiatan yang positif dan baik, kota memfasilitasi itu,” terang dia.

Untuk Piala Wali Kota Semarang, lanjut dia, komunitas Fixed Gear telah ‘sowan’ dan melakukan audiensi. Sehingga Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu akan mensupport pula untuk Piala dan hadiah para juara.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *