Shinta Nana Bagikan Bantuan dan Dengarkan Keluhan Warga Korban Banjir Sayung

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Puluhan wajah di Posko Peduli Banjir Desa Sayung, Kabupaten Demak bersinar cerah saat menerima bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Pejabat Ketua Enggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana. Kamis (28/3).

Warga secara singkat membagikan pengalaman mereka dalam menghadapi bencana banjir selama Ini. Sebagian besar wilayah Kabupaten Demak dilanda banjir. Kehadiran Shinta dinilai membawa semnagat baru bagi warga  untuk tegar dalam menghadapi masa pemulihan yang belum sepenuhnya pulih.

“Rumah kami kemasukan banjir. Sudah hampir dua minggu ini masih terendam. Airnya sampai sekitar (ketinggian banjir) segini, Bu,” Ungkap Sa’adah (45), saat berbincang akrab dengan Shinta.

Shinta yang mendengarkan berbagai keluhan dari warga yang menjadi korban banjir berupaya memberikan dukungan dan kekuatan untuk mereka.

“Sabar, semua akan berlalu. Apalagi tanggul yang jebol juga sudah ditangani,” Ujar Shinta yang seksama mendengarkan berbagai keluhan tersebut.

Perwakilan dari Tim PKK Jateng dan Demak juga turut hadir ke salah satu posko peduli banjir, sebagai bentuk perhatian kepada warga yang terdampak banjir.

Hal itu mereka lakukan setelah mengadakan kegiatan bakti sosial dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Auditorium Kantor Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Pada Kamis (28/3).

Dalam sambutannya, Shinta menyampaikan, banjir memang telah mengakibatkan masyarakat mengalami kerugian. Mulai dari Kesehatan yang terganggu, seperti diare, batuk, pilek, dan gatal-gatal. Selain juga kerugian materi, antara lain rumah hancur dihantam banjir, harta benda yang rusak, sampai tidak adanya air bersih.

“Kita sebagai masyarakat, marilah kita melakukan upaya ;pencegahan banjir dengan gotong royong, membersihkan lingkungan sekitar dan menjaga kebersihan, tidak membuang sampah ke sungai. Mudah-mudahan tidak akan terjadi banjir lagi,” Ujarnya.

Ditambah lagi, TP PKK bersama Baznas dan Bank Jateng memberikan bantuan kepada korban banjr berupa 600 paket sembako, pakaian pantas pakai, pembersih lantai, dan lainnya. hal itu juga merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak.

“Ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kita di tengah masyarakat Kabupaten Demak yang terkena musibah banjir. Selain bantuan sembako bagi masyarakat, kami mengharapkan Pemerintah Kabupaten Demak yang hadir juga untuk memberikan bantuan untuk pemulihan kesehatan, bagi warga yang terkena musibah banjir,” Ujarnya.

Shinta menerangkan, bakti sosial yang diadakan TP PKK Jateng merupakan wujud dari konsistensi jajarannya, dalam menjalankan tugas Pembangunan untuk kepentingan masyarakat dan bangsa.

“Bakti sosial yang kita adakan hari ini bukan sekadar seremonial, tetapi lebih pada terkandung makna agar kita semakin peduli dan sensitif terhadap lingkungan kita. Bahwa di tengah pembangunan di berbagai bidang, masih ada orang-orang dan keluarga yang butuh santunan, uluran tangan, dan perhatian kita bersama,” Ucapnya.

Salah satu penduduk dari Desa Babadan RT 03 RW 05, Kecamatan Sayung, merasa sangat bahagia dengan kedatangan Pejabat Ketua TP PKK Jawa Tengah ke posko peduli korban banjir.

“Tadi mendapatkan pesan dari Ibu Pj (Shinta) untuk menjaga lingkungan. Tadi diberi bantuan paket sembako, beras, mi, kopi dan lainnya. Alhamdulilah, kegiatan sangat membantu. Saya ucapkan terima kasih pada bapak dan ibu Pj gubernur atas bantuannya, yang sangat mengurangi beban warga yang terkena banjir,” tuturnya. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *