Kereta Api Jayabaya
Kereta Api Jayabaya

Semakin Nyaman, Kereta Api Jayabaya Kini Menggunakan Kereta Ekonomi New Generation

SEMARANG (Pojokjateng.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah resmi meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation yang dirangkaian pada Kereta Api Jayabaya dengan relasi Pasarsenen – Semarang Poncol – Malang pp pada Selasa (26/9) kemarin.

Peluncuran Kereta Ekonomi New Generation ini juga merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-78 KAI yang jatuh pada 28 September dengan tema “Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju”.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menyampaikan bahwa dalam Kereta Ekonomi New Generation ini, memiliki formasi 2-2 yang berkapasitas 72 tempat duduk dari sebelumnya 80 tempat duduk, sehingga leg room-nya di setiap baris kursi menjadi lebih luas. “Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving),” jelasnya.

Baca Juga: Siap-siap! PLN Jadi Raksasa Pelaku Carbon Trading yang Melantai di Bursa Karbon Indonesia

Upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

KAI secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi. “Melalui modifikasi Kereta Ekonomi New Generation ini diharapkan mampu menjawab masukan dari para pelanggan KA, sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat dalam menggunakan kereta api kelas ekonomi,” ungkap Ixfan.

Kereta Ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan). Saat ini ada 12 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation, maka stamformasi Kereta Api Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi new generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Baca Juga: Pertamax Turbo: Pilihan Terbaik untuk Performa dan Efisiensi Mesin Mobil Anda

Adapun jadwal perjalanan KA Jayabaya relasi Pasarsenen – Semarang Poncol – Malang yaitu berangkat dari Pasarsenen pukul 17.25, berangkat Semarang Poncol pukul 23.49 dan tiba di Malang pukul 06.20. Untuk relasi Malang – Semarang Poncol – Pasarsenen, berangkat dari Malang pukul 12.30, berangkat Semarang Poncol pukul 19.16 dan tiba di Pasarsenen pukul 01.38.

“KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin banyak sarana kereta api yang ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” tutup Ixfan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *