Mahasiswa Undip Penerima IISMA Sukses Memperkenalkan Budaya Indonesia di Ceko
Mahasiswa Undip Penerima IISMA Sukses Memperkenalkan Budaya Indonesia di Ceko

Mahasiswa Undip Penerima IISMA Sukses Memperkenalkan Budaya Indonesia di Ceko

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Para penerima Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023 dari Universitas Diponegoro (Undip) sukses dalam upaya mereka untuk memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia di lingkungan Palacký University Olomouc, Ceko. Momen ini terjadi pada tanggal 19 Oktober ketika mereka aktif berpartisipasi dalam sebuah acara Presentasi Nasional yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Erasmus Student Network (ESN), di mana mereka berkesempatan untuk berbagi kekayaan budaya Indonesia dengan audiens internasional di Ceko.

Dalam acara tersebut, para penerima IISMA 2023 dari Undip memainkan peran sebagai duta budaya Indonesia di Ceko. Mereka memperkenalkan berbagai aspek budaya Indonesia, mulai dari pakaian tradisional seperti batik, makanan tradisional, hingga bahasa. Salah satu dari mereka juga memberikan pelajaran bahasa Indonesia kepada mahasiswa yang hadir, seperti mengucapkan “Apa kabar?” dan “Terima kasih.” Tidak hanya itu, mereka juga menyajikan tarian Bali. Salah seorang awardee, yang akrab disapa sebagai Cia (Sekolah Vokasi), menampilkan gerakan tari Bali yang memukau, lengkap dengan atribut dan aksesoris khas Bali.

Baca juga: Universitas Diponegoro Raih Juara 1 & 2 dalam Kejuaraan Tenis ATP Nasional 

Fathia Kautsar Khaerani, seorang mahasiswa yang tengah mengejar gelar dalam program studi Psikologi di Fakultas Psikologi, yang juga merupakan penerima IISMA Undip 2023, memiliki harapan besar bahwa penampilan mereka di Palacký University Olomouc akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya memperkenalkan berbagai aspek budaya Indonesia kepada masyarakat dunia secara lebih luas.

“Kami berharap bahwa melalui penampilan kami, budaya Indonesia dapat dikenal di tingkat internasional yang lebih luas.” ucap Fathia

Baca juga: SMAN 12 Semarang Juara Lomba Kewirausahaan Minat dan Bakat FE USM 2023

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Diponegoro (Undip), Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D., mengungkapkan rasa apresiasi dan penghargaan kepada para penerima IISMA yang telah aktif dan berperan serta berpartisipasi dalam suksesnya acara tersebut.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa IISMA Undip 2023 telah membuktikan bahwa keindahan dan keragaman budaya Indonesia mampu melintasi batas geografis. Para penerima IISMA tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia, tetapi juga berperan sebagai penghubung budaya antara Indonesia dan mahasiswa internasional dalam lingkup yang lebih luas.” ujar Anggun

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *