20 Pelajar SMP Boyolali Siap Jadi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Nusantara
Acara Pelepasan Pelepasan Duta Seni Boyolali

20 Pelajar SMP Boyolali Siap Jadi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Nusantara

BOYOLALI (Pojokjateng.com) – Setelah melewati serangkaian seleksi yang ketat, Program Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2023 sekarang akan memulai perjalanan mereka. Pada hari Selasa, tanggal 10 Oktober 2023, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, secara resmi meluncurkan keberangkatan 20 pelajar terbaik dari SMP di Kabupaten Boyolali. Mereka telah terpilih untuk menjadi Duta Seni dan Misi Kebudayaan yang akan menjelajahi beberapa kota besar di seluruh Indonesia.

Pelepasan acara Duta Seni ini diadakan di Gelanggang Anuraga, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali. Para pelajar yang terpilih akan mengunjungi berbagai kota besar di Indonesia dalam rangka misi kebudayaan dan seni. Pertama, mereka akan melawat ke Kota Makassar pada tanggal 13-16 Oktober 2023. Kemudian, destinasi berikutnya adalah Kota Bandung yang akan mereka kunjungi pada tanggal 27 Oktober 2023 hingga 1 November 2023, dan terakhir, Pulau Bali akan menjadi tujuan mereka pada tanggal 17-20 November 2023.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, sangat menghargai dan mendukung keberangkatan para pelajar yang terpilih sebagai Duta Seni. Beliau  meminta kepada para Duta Seni untuk menjaga dengan baik nama baik Kabupaten Boyolali selama perjalanan mereka. Menurut Said, para pelajar yang terpilih sebagai Duta Seni adalah anak-anak yang memiliki bakat dan dedikasi luar biasa dalam seni dan kebudayaan. Mereka akan menjadi duta yang membawakan berbagai pertunjukan seni, termasuk tarian-tarian tradisional yang merupakan bagian dari kekayaan budaya daerah mereka.

Baca Juga: Awann Group Siap Fasilitasi Kebutuhan Olahraga Air di Kawasan POJ Semarang

Said menyadari bahwa para Duta Seni ini memiliki tanggung jawab besar sebagai perwakilan Kabupaten Boyolali dalam perjalanan mereka ke berbagai kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya menjaga nama baik daerah mereka dalam setiap penampilan dan interaksi dengan masyarakat di tempat yang mereka kunjungi. Said yakin bahwa para Duta Seni ini akan mampu memberikan penampilan yang membanggakan dan mempromosikan seni dan budaya Boyolali dengan baik.

Pesan Said kepada para Duta Seni adalah suatu bentuk dukungan dan dorongan untuk menjalani perjalanan mereka dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Ia berharap agar para pelajar ini tidak hanya menjadi duta yang menghibur, tetapi juga duta yang mampu menyebarkan pesan perdamaian, persahabatan, dan keragaman budaya Indonesia selama perjalanan mereka.

“Inilah anak-anak hebat yang terpilih menjadi 20 duta seni angkatan tahun 2023. Yang terpenting adalah bagaimana menjaga nama baik Kabupaten Boyolali. Karena kalian menjadi duta-duta seni yang akan membawakan beberapa tarian,” ujar Bupati Said.”

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Supana, berharap bahwa melalui perjalanan ini, para pelajar dapat memperluas pengalaman dan pengetahuan mereka. Tujuan lain dari program ini adalah untuk mempromosikan seni dan budaya dari Kabupaten Boyolali ke seluruh Indonesia dan untuk melestarikan warisan budaya dan seni khas daerah.

Baca Juga: Sinergi Kejari dan Pemkab Kendal Tekan Stanting di Desa Plantaran Kaliwungu

“Untuk mempromosikan kesenian yang ada di Kabupaten Boyolali ke manca daerah di wilayah Republik Indonesia. Dan yang ketiga sebagai wahana untuk melestarikan kebudayaan khususnya seni yang ada di Kabupaten Boyolali,” beber Supana

Setiap tim yang berangkat akan terdiri dari 20 peserta, termasuk para Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2023, serta beberapa pendamping seperti seniman, pejabat Pemerintah Kabupaten Boyolali, dan fotografer.

Ribut Budi Santoso, seorang anggota Ketholeng Institut dan anggota DPRD Kabupaten Boyolali, menjelaskan bahwa proses seleksi untuk memilih 20 Duta Seni tahun 2023 ini sangat ketat. Proses seleksi dimulai sejak bulan Maret dan mencakup beberapa tahap, mulai dari seleksi administrasi hingga tes wawancara. Setelah melalui berbagai seleksi, 20 pelajar terbaik siap untuk memulai perjalanan mereka sebagai Duta Seni Kabupaten Boyolali 2023 yang akan berkeliling Nusantara.

“Pendaftaran sudah dimulai bulan Maret sampai bulan April. Yang kedua seleksi administrasi sudah kita laksanakan tanggal 14 April sampai 10 Mei, dari hasil itu sejumlah 217 siswa yang mendaftar akhirnya yang memenuhi syarat administrasi menjadi 213,” jelasnya.

“Selanjutnya, disaring melalui seleksi tahap kedua dari 120 menjadi 60 peserta tanggal 12-14 Juni 2023, kemudian audisi tahap ketiga sudah karantina dengan hanya 40 peserta dan terpilih 20 duta seni tahun 2023 yang telah siap berangkat keliling Nusantara,” lanjutnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *