Kunjungi LCM, Capres Anies Baswedan Semakin Ingin Majukan Kuliner Lokal Go International

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengunjungi toko lunpia Lunpia Cik Me Me (LCM) di jalan Gajahmada Kota Semarang, Senin (5/2/2024), malam.

Saat berkunjung, Anies terlihat juga mencicipi dan langsung memuji rasa lunpia yang ia cicipi itu.

Usai mencicipi, Ia dengan tegas berkomitmen mendukung eksistensi produk lokal agar bisa bersaing di luar negeri atau go internasional.

“Sore ini saya berjumpa dengan mas Bathi yang merupakan sosok yang konsisten dengan perjuangannya. Tempatnya pun juga terkenal di lunpia Cik Me Me yang menjual makanan lokal yakni lunpia, enak lo lunpianya,” ujar Anies didampingi Cik Me Me.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa LCM bisa menjadi bukti bila produk lokal juga mampu bersaing dngan makanan modern dari luar negeri.

Ditambah, lunpia yang merupakan makanan khas Kota Semarang ini sudah diwariskan dari generasi ke generasi.

“Jadi kami berharap agar makanan seperti lunpia ini terus berinovasi sehingga bisa mendunia. Bagaiamana makanan khas daerah itu kita dorong untuk lebih eksis, buktinya ini sudah ada,” ujarnya.

Ia membeberkan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan agar UMKM lokal bisa semakin maju yaitu dengan program kemudahan akses modal bagi pengusaha UMKM.

Ditambah, dalam mengurus perizinan untuk usaha juga tidak boleh terbelit-belit. Karena selama ini, UMKM bergerak sexara disektor informal.

“Tentu ini tidak mudah karena pertama kita mesti sediakan akses modal yang mudah, izin usaha yang tidak berbelit-belit dan pendampingan kepada pelaku usaha. Selama ini usaha UMKM bergerak disektor informal sehingga perlu mendapatkan perhatian ekstra,” ucapnya.

Sementara, Cik Me Me mengaku senang dengan kunjungan Anies. Ia meminta bila Anies terpilih memjadi presiden, ada kemudahan yang diberikan kepada pelaku UMKM. Termasuk kemudahan akses modal, izin usaha dan izin ekspor.

“Saya di sini mewakili para pelaku UMKM di Kota Semarang untuk diberikan, jika nanti Pak Anies nanti jadi presiden bisa diberikan kemudahan, tidak dipersulit lagi izinnya, diberi kemudahan untuk eksport quality juga bisa dimulai produk lokal umkm kota semarang. Sehingga kita itu tidak lagi menjadi anak tiri di negeri kita sendiri,” tambah Cik Me Me.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *