Desa Onje Purbalingga Dapat Internet Gratis Lewat Program Internet Desa Provinsi Jawa Tengah

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Masyarakat Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, dapat menikmati akses internet secara gratis melalui Program Internet Desa Provinsi Jawa Tengah. Bantuan akses internet gratis ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah.

Mugi Ari Purwono, selaku Kepala Desa Onje, mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan internet gratis ini. Ia menyatakan bahwa akses tersebut akan bermanfaat untuk mempromosikan potensi wisata dan produk UMKM Desa Onje melalui media sosial.

“Selain itu, jika ada tamu dari luar wilayah yang berada di Desa Onje, mereka dapat menggunakan fasilitas internet gratis. Warga desa juga dapat mengakses internet gratis di lokasi Masjid Raden Sayyid Kuning,” ujarnya dalam acara peluncuran Internet Desa secara daring di Balai Desa Onje pada Rabu (24/1/2024).

Mugi juga menyoroti beberapa potensi wisata alam dan religi yang dimiliki oleh Desa Onje, seperti arung jeram, tubing, Masjid Raden Sayyid Kuning, Makam Raden Sayyid Kuning, sungai tempuran tiga, cagar budaya Batu Dakon, dan makam Adipati Onje.

Penjabat Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Nana Sudjana, berharap agar program internet desa dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata, UMKM, pelayanan pemerintah desa berbasis elektronik, serta peningkatan literasi digital masyarakat.

“Kami berharap terjadi peningkatan daya tarik wisata dan daya saing UMKM. Pelaku usaha dapat menggunakan internet desa untuk mendukung promosi dan pemasaran produk mereka ke pasar yang lebih luas melalui promosi digital,” ungkapnya di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

Riena Retnaningrum, Kepala Diskominfo Jateng, menjelaskan bahwa Internet Desa adalah salah satu terobosan Pemprov Jateng untuk membawa internet ke pedesaan di seluruh Jawa Tengah. Program ini mendukung prioritas Presiden Joko Widodo terkait percepatan transformasi digital, serta program prioritas Gubernur Jawa Tengah terkait pengembangan layanan publik, peningkatan SPBE, pariwisata, dan daya saing UMKM di sektor ekonomi kreatif.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *