Usung Tema Niscala, Peringatan HUT Kota Semarang ke-477 Dipastikan Lebih Meriah dari Tahun Sebelumnya

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-477 Kota Semarang dipastikan lebih meriah ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Semarang Night Carnival (SNC) bertajuk Niscala akan menjadi puncak acaranya.

Acara yang akan digelar pada Sabtu, 4 Mei 2024 tersebut dimulai pukul 18.30 WIB. Berbagai komunitas, tak hanya dari Kota Semarang namun juga komunitas budaya dari daerah lain bakal ikut memeriahkan karnaval dengan rute dari Balai Kota Semarang hingga Lapangan Pancasila, Simpang lima.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta akan mengenakan kostum menarik yang memadukan unsur tradisional dan modern. Setidaknya terdapat simbol dari turunan tema Niscala yaitu, Elang Jawa, Barongsai, Warak Ngendog, dan Rewanda.

Turunan tersebut kemudian memunculkan tiga warna. Hitam, selain melambangkan Elang Jawa juga menggambarkan semangat yang kokoh, Barongsai sesuai identik Tiongkok dengan warna merah, sementara warna putih yang merupakan simbol kesucian diambil dari Rewanda. Sedangkan Warak Ngendog adalah hewan etimologi yang menjadi ciri khas Kota Semarang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dalam perayaan ulang tahun kali ini akan dibuat semeriah dan berkesan bagi masyarakat. Setelah rangkaian SNC akan diisi acara-acara spektakuler di Simpang lima, Kota Semarang.

“Saya minta kalau perayaan HUT jangan setengah-setengah, jangan kecil. Ini nanti bagaimana ketika finish ada kegiatan-kegiatan, agar meriah, menjadi tontonan menarik, sehingga masyarakat bisa menikmati,” kata perempuan yang akrab disapa Mbak Ita, Rabu (1/5).

Drumband Cendrawasih dari Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang turut memeriahkan SNC kali ini. Di sisi lain juga ada penampilan wayang orang sebagai lambang seni tradisional Nusantara. Termasuk sejumlah komunitas luar kota, seperti Kota Salatiga, Jepara, Banyuwangi, Jember, Jawa Timur (Jatim), dan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan yang akan berpartisipasi di kegiatan ini.

“Selain itu juga ada resepsi, di Simpanglima ada kolaborasi introduction market dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Dinas Pendidikan Kota Semarang sehingga menjadi tontonan yang menarik bagi warga,” katanya.

Sebagai pamungkas acara akan dimeriahkan pedangdut ibu kota, Difarina Indra. Diharapkan momentum HUT ke-477 Kota Semarang pada akhir pekan tersebut dapat menggeliatkan dunia pariwisata di Ibu Kota Jateng. Termasuk dapat meningkatkan okupansi hotel mencapai 100 persen.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *