Sebanyak 73 Pembina Pramuka Ikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar di Cilacap

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Sebanyak 73 pembina pramuka, dari beberapa daerah di Indonesia, mengikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD), di Sasana Diklat Praja Kabupaten Cilacap.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwartir Cabang Cilacap, Subiharto, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diadakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, selama enam hari, dari tanggal 28 Februari hingga 4 Maret 2024.

“Para peserta berasal dari Kwarcab Tojo Una-una Kwarda Sulawesi Tengah, Kwarcab Garut Kwarda Jawa Barat, Kwarcab Kulon Progo Kwarda Daerah Istimewa Yogyakarta, Kwarcab Kota Salatiga, Sukoharjo, Brebes, Banyumas, dan Cilacap,” ungkap Subiharto yang juga sebagai Ketua Panitia KPD.

Subiharto menambahkan bahwa setelah mengikuti kursus ini, peserta diharapkan mampu menjadi pelatih pembina pramuka yang dapat meningkatkan kualitas kepramukaan di wilayahnya masing-masing.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap yang juga Ketua Harian Kwartir Cabang Cilacap, Sujito, menyatakan bahwa pelaksanaan KPD merupakan upaya untuk mengatasi kekurangan pelatih pembina di Kwarda Jawa Tengah dan Kwarcab Cilacap.

“Kwarcab Cilacap memiliki sekitar 267.060 anggota muda Gerakan Pramuka dan 11.353 anggota dewasa, namun hanya memiliki 91 orang pelatih lulusan KPD dan 39 orang pelatih lulusan KPL,” jelasnya.

Sujito berharap agar KPD dapat melahirkan pembina pramuka yang berkualitas baik, karena menurutnya, pelatih pembina pramuka memiliki peran penting dalam Gerakan Pramuka.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *