Panggung Baru Bibit Unggul Jetski, Seadoo Competition Spark Trixx Edition Semarang

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Sea-Doo Semarang bekerja sama dengan Seadoo Safari Semarang dan Sea-Doo Indonesia menggelar Seadoo Competition Spark Trixx Edition Semarang 2024. Kompetisi balap jetski ini diadakan di Pantai Marina Semarang.

Seadoo Competition Spark Trixx Edition Semarang 2024 akan digelar mulai 24 Mei hingga 2 Juni mendatang. Kejuaraan balap jetski untuk pemula ini memperebutkan hadiah senilai total Rp 25 juta.

“Seadoo Competition ini dalam rangka mencari bibit-bibit unggul dari kalangan muda,” ungkap perwakilan Sea-Doo Indonesia, Ade Kristian saat jumpa pers di Resto Askara, Jalan Marina Karimun No 8, kawasan Pantai Marina, Semarang, Senin (20/5/2024).

Menurut Ade, olahraga air ini mulai berkembang di Tanah Air sekitar tahun 90-an. Balap jet air yang membuat adrenalin naik ini makin populer seiring banyaknya peminat water sport tourism.

“Sehingga kami ada divisi Seadoo Safari, kemudian muncul kompetisi ini, mulai tahun 2020, 2021, di Jakarta. Ternyata sambutan dan antusiasme masyarakat, khususnya anak muda cukup luar biasa,” ujarnya.

Di tahun 2024 ini, Sea-Doo Indonesia menggelar kompetisi di empat kota besar Tanah Air. Yakni di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kemudian putaran kedua di Semarang, berlanjut ke Makassar dan grand finalnya nanti di Jakarta.

“Dari tiap-tiap kota akan diambil dua hingga tiga orang untuk nanti dilombakan lagi di Jakarta,” ucap dia.

Khusus di Semarang, Sea-Doo Indonesia menggandeng Sea-Doo Semarang. Event balap jetski khusus untuk pemula ini hanya diperuntukkan bagi peserta di luar atlet profesional atau mereka yang telah berprestasi di ajang internasional.

“Jadi nanti akan dipilih enam terbaik untuk diadu lagi di final pada 2 Juni. Dicari waktu terbaiknya. Kompetisi ini terbuka siapa saja selama belum pernah jadi juara internasional,” sebutnya.

Teknis perlombaannya, peserta nanti akan melewati rute yang telah ditentukan panitia sejauh sekira 1 hingga 1,5 Km. Mereka diberi kesempatan untuk menjajal sekaligus memacu jetski hingga 6 kali putaran. Selanjutnya akan diambil dua putaran dengan waktu terbaik atau tercepat.

“Unit jetski sudah kami sediakan, yakni Spark Trixx 90 HP. Jadi nanti perlombaan akan berlangsung adil, karena memang ini untuk pemula,” imbuh dia

Heru Supriyanto dari Sea-Doo Semarang menambahkan, kompetisi ini terbuka untuk siapa saja, hanya batasan usia minimal 14 tahun. Biaya pendaftaran Rp 500 ribu dan mendapat kesempatan 6 kali putaran untuk mencatatkan waktu terbaiknya.

“Pendaftaran mulai hari Senin ini sampai 1 Juni. Jadi nanti pas hari H perlombaan juga bisa mendaftar,” tutur dia.

“Hadian total Rp 25 juta untuk juara 1, 2 dan 3. Ada juga tambahan hadiah untuk juara 4, 5 dan 6 dengan hadiah voucher trip Semarang – Jepara senilai Rp 7 juta. Besar harapan kami, anak-anak muda Jawa Tengah yang suka adventure, olahraga ekstrim, bisa ikut serta,” sambung Heru.

Pegiat Pariwisata Kota Semarang, Giarsito Sapto Putratmo menyatakan, kompetisi yang diadakan produk watercraft Kanada ini, selain menjaring bibit muda, juga mempromosikan potensi water sport tourism Kota Semarang.

“Jetski di Kota Semarang punya potensi untuk water sport tourism. Kota-kota lain, kalau datang ke Semarang berkeinginan untuk wisata pantai. Nah Sea-Doo ini menjadi jawaban tersebut,” pukas mantan ASN Disbudpar Kota Semarang ini.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *