KRI Hasan Basri-382 Gelar Latihan dengan Kapal Perancis FNS Vendemiaire F374 di Perairan Selat Lombok

JAKARTA (Pojokjateng.com) – TNI Angkatan Laut (TNI AL) kembali memperkuat naluri tempur laut dan peran diplomasinya. KRI Hasan Basri-382 bertindak sebagai unsur yang tengah melaksanakan tugas operasi, terlibat dalam sejumlah serial latihan dengan salah satu kapal Perancis yaitu FNS Vendemiaire F374 di Perairan Selat Lombok, Indonesia, Rabu (20/3).

Adapun beberapa serial latihan yang dilaksanakan adalah Passing Exercise, Flaghoist, dan Farewell Exercise. Latihan ini dilaksanakan guna meningkatkan hubungan bilateral antara kedua Angkatan Laut, menyamakan persepsi dalam prosedur, dan melatih para prajurit khususnya dalam suatu latihan bersama.

Kapal Angkatan Laut Perancis tersebut tengah melaksanakan pelayaran lintas damai dengan melintasi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Sebagai garda terdepan pertahanan di wilayah laut, TNI AL memiliki peran yang sangat strategis mengingat sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan.

FNS Vendemiaire F374 merupakan kapal perang kelas kapal Fregat yang cukup ternama di Eropa karena kualitasnya begitu luar biasa. Kapal ini dirancang untuk kebutuhan Angkatan Laut Prancis.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa melatih naluri tempur dan menjalin diplomasi dengan negara lain menjadi tugas dan tanggung jawab TNI AL untuk membuktikan kepada rakyat dan negara bahwa TNI AL selalu siap siaga dan dapat diandalkan setiap saat untuk menjaga kedaulatan negara.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *