Gelar FGD Hukum, Kajati Jateng Made Suarnawan : Membangun Kebersamaan Mewujudkan Konsepsi Jaksa Sahabat Masyarakat

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Keberhasilan penegakan hukum yang efektif akan memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian negara, oleh karena Jaksa Agung mengajak seluruh warga Adhyaksa untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran mereka dalam menjaga integritas hukum.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jateng Dr. I Made Suarnawan, SH MH, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Forum Group Disccusion (FGD) yang digelar kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng dengan mengusung tema ‘Optimalisasi Penegakan Hukum Terhadap Perekonomian Negara’, di Kota Semarang, Kamis (7/3).

Dalam kesempatan tersebut menghadirkan, narasumber akademisi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Rimawan Pradiptyo, SE., M.Sc., Ph.D dan dimoderatori Ka.Prodi S1 Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Dr. Aditya Yuli Sulistyawan,SH.MH.

Turut hadir Wakajati Jateng Teguh Subroto, SH MH, Asintel Kejati Jateng Dr. Sunarwan, SH MHum, Aspidsus Kejati Jateng Wahyu Sabrudin, SH MH, Aspidum Kejati Jateng Adi Wibowo, SH MH, Asbin Kejati Jateng Sugiyanta, SH MH, Kolonel Laut (H) Muhamad Yunus, SH para Koordinator dan Kasi pada Kejati Jateng dan seluruh Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejati Jateng.

Kajati Made menyoroti pentingnya memberikan dukungan serta sumbangsih pemikiran dan gagasan untuk memastikan jaminan konstitusional terhadap Kejaksaan, khususnya dalam penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi.

Oleh sebab itu, Made menekankan bahwa Kejaksaan, sebagai lembaga penegak hukum yang memiliki peran vital dalam memerangi korupsi, memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik itu dari masyarakat, lembaga legislatif, eksekutif, maupun yudikatif.

” Pentingnya memberikan dukungan, sumbangsih pemikiran dan gagasan akan perlunya jaminan konstitusional terhadap Kejaksaan serta penguatan secara kelembagaan, terutama menghadapi penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi yang semakin komplek,” ungkap Made.

FGD ini menjadi momentum awal bagi implementasi perubahan yang dibutuhkan dalam upaya membangun institusi kejaksaan yang lebih baik dan lebih terpercaya oleh masyarakat.

Demikian juga dengan sasaran yang dicapai, yakni membangun kebersamaan guna mewujudkan konsepsi “jaksa sahabat masyarakat”, sekaligus terhadap opini masyarakat dan stake holders terkait jaminan konstitusi, terhadap kejaksaan serta penguatan kelembagaan dalam upaya mewujudkan cita penegakan hukum yang adil dan efektif Indonesia maju menuju Indonesia emas.

Diperolehnya dukungan kajian akademik dari kalangan Akademisi Perguruan Tinggi, sebagai bahan dalam penyusunan konsep kedudukan kejaksaan dalam konstitusi terhadap kejaksaan serta penguatan secara

Melalui kegiatan, FGD ini Made berharap institusi kejaksaan dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam menjalankan tugas, peran, dan fungsinya sesuai dengan amanah konstitusional.

Mulai dari peningkatan efisiensi dan efektivitas penegakan hukum, penguatan integritas dan profesionalisme aparat kejaksaan, hingga inovasi dalam penanganan perkara hukum.

” Harapan saya semoga dengan diselenggarakannya acara Forum Group Disccusion ( FGD ) kali ini dapat memberikan kontribusi serta dapat meningkatkan performa serta postur institusi kejaksaan kedepan menjadi lebih baik dan terlegitimasi secara konstitusional sesuai dengan tugas, peran dan fungsinya,” imbuh Made.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita penegakan hukum yang adil dan efektif bagi seluruh rakyat Indonesia, kegiatan ini juga diharapkan para peserta sepakat bahwa penegakan hukum yang efektif haruslah inklusif dan komprehensif, memperhatikan berbagai dimensi keadilan sosial dan lingkungan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *