Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana: Proses Pemungutan Suara di Jawa Tengah Berjalan Lancar

SEMARANG (Pojokjateng.com) – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, memeriksa jalannya pemilu 2024 di wilayahnya pada hari Rabu (14/2/2024). Menurut peninjauan tersebut, proses pemungutan suara di beberapa daerah berjalan dengan lancar.

Setelah memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 002 Gajahmungkur, Kota Semarang, Nana melakukan peninjauan di TPS 10 Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, dan TPS 016 Desa Cangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

Nana menyatakan bahwa di TPS 10, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 270 pemilih. Pada pukul 10.40 WIB, sebanyak 136 orang telah memberikan suara. Sementara itu, di TPS 016 Desa Cangkringan, Kecamatan Weleri, Kendal, dari total 270 pemilih, pada pukul 11.45 WIB, sudah 73% yang telah memberikan hak pilih.

“Ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu,” tutur Pj gubernur.

Nana mengapresiasi upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah dan masyarakat dalam memastikan kesuksesan Pemilu 2024. Contohnya, lomba TPS unik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Contohnya adalah di TPS 10 Sambirejo Semarang yang mengadopsi konsep resepsi pernikahan. Para pemilih yang datang ke TPS tersebut seolah-olah menghadiri sebuah pesta pernikahan, lengkap dengan berbagai hidangan prasmanan dan petugas TPS yang mengenakan pakaian adat. Setelah memberikan suara, para pemilih dapat menikmati berbagai hidangan khas resepsi pernikahan yang disediakan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Ini suatu hal yang menarik yang diinisiasi Wali Kota Semarang. TPS-TPS unik ini dilombakan dan diberi hadiah,” kata Nana.

Di lokasi lain, di TPS 016 Desa Cangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, seluruh anggota KPPS mengenakan pakaian adat, menciptakan kesan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *