Hardiknas 2024, Waket DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono Ungkap Pentingnya Investasi dalam Pendidikan untuk Mencetak SDM Unggul

SEMARANG (Pojokjateng.com)  – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, mengucapkan selamat kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan generasi muda Indonesia.

Ferry menekankan pentingnya peran pendidikan dalam membangun bangsa.

“Hari Pendidikan Nasional adalah momen penting untuk merayakan dedikasi dan kontribusi pendidik serta tenaga kependidikan dalam membentuk generasi masa depan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi,” ucapnya, Kamis (2/5).

Ia mengatakan pendidikan bukan hanya melalui sekolah formal. Bahkan di dalam keluarga itu sendiri, pendidikan sudah harus dimulai. Di mana orang tua harus menjadi guru bagi anak-anaknya.

“Pendidikan utama ada di keluarga, bagaimana orang tua harus mengajarkan dan memberi contoh bagi anak-anak mereka,” tuturnya.

Politikus partai Golkar itu juga menekankan urgensi peran pendidikan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Diketahui, peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek telah menetapkan tema besar peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, yaitu “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Hal ini termuat dalam Surat Edaran (SE) Mendikbudristek tentang Pedoman Peringatan Hardiknas 2024.

Bertepatan dengan peringatan itu, Kemendikbudristek juga mencanangkan bulan Mei 2024 sebagai Bulan Merdeka Belajar. Kemendikbudristek juga mengimbau seluruh instansi pusat dan daerah untuk ikut memperingati Hardiknas 2024.

Dia menyoroti pentingnya sistem pendidikan yang memadai untuk memastikan setiap individu memiliki akses yang sama untuk berkembang.

“Dalam membangun bangsa yang maju, pendidikan memegang peran kunci. SDM yang berkualitas akan menjadi pilar utama dalam menghadapi tantangan global,” ungkap Ferry.

Selain itu, Ferry menyoroti pentingnya pendidikan karakter dalam menghasilkan generasi yang tidak hanya pintar secara akademis, tetapi juga memiliki moral dan etika yang tinggi.

“Pendidikan harus mengajarkan nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab agar setiap individu dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat,” tambahnya.

Oleh sebab itu, perlunya langkah konkret untuk memastikan tidak ada yang tertinggal dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

Dengan harapan Indonesia dapat menghasilkan SDM yang unggul dan mampu bersaing di tingkat global, serta menjadi motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *